TIDUR KARENA NGANTUK
 

TIDUR KARENA NGANTUK

 

Saat ini mungkin banyak orang yang suka begadang, terutama anak muda. Banyak dari mereka yang tidur karena ngantuk bukan karena waktunya. Di sisi lain, sudah dapat dipastikan rerata anak muda mulai tidur di atas jam 12 malam. Mayoritas anak muda tidur pada jam-jam yang di mana pada waktu tersebut organ tubuh kita sedang memperbaiki dirinya. Akan tetapi, apa yang terjadi sekarang? Kebanyakan orang menganggap begadang itu adalah hal yang lumrah atau hal yang biasa terjadi. Padahal dari kebiasaan tersebut dapat mengakibatkan hal yang tidak diinginkan pada tubuh kita nantinya. 

 

Selain itu, aku merasa heran, mengapa orang sering menganggap remeh mengenai pola tidur yang berantakan, padahal jika berantakan bukanlah hal yang keren apalagi hal yang harus dibangga-banggakan kepada orang lain. Oh ya, pembahasan ini dalam konteks begadang tanpa ada tujuan yang bermanfaat yaa. Lanjut lagi, aku juga suka bingung kalau ada orang yang sering begadang malah heran dengan orang yang tidur sesuai dengan jadwal tidur sebenarnya. Lalu, mereka akan menganggap aneh ahahaha… 

 

Sering kali orang tidur pada saat ia merasa mengantuk bukan mulai tidur karena sudah waktunya tidur. Mungkin hal ini sangat sepele kalau dipikir-pikir sewaktu masa muda, namun akan sangat berharga jika kita sudah beranjak tua. Organ tubuh kita juga layaknya manusia yang butuh waktu untuk me time, seperti waktu untuk membaca, menonton, berolahraga, dan lain sebagainya. Begitu pula organ tubuh yang butuh waktunya masing-masing. Mungkin efek buruk dari pola tidur yang berantakan tidak akan terjadi satu atau tiga tahun lagi, namun efek dari kebiasaan itu akan dirasakan pada saat tubuh ini melemah dan tidak sebugar sewaktu masa muda. Di situlah penyesalan akan terjadi dan kita tahu bahwa penyesalan datang di akhir bukan di awal, karena jika datang di awal itu namanya pendaftaran. 

 

Dilansir dari Kompas, menurut ilmu pengetahuan Tiongkok, terdapat jam kerja khusus bagi organ tubuh kita, seperti pada rentang waktu 23.00-03.00 organ tubuh kita (hati) membuang semua racun hasil metabolisme dan melakukan regenerasi sel-sel pada organnya. Kemudian, rentang waktu 03.00-05.00 paru-paru kita mulai bekerja di mana paru-paru akan membuang racun pada rentang waktu tersebut. 

 

Rasanya rugi jika kita melewatkan terapi-terapi alami dari tubuh kita untuk membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh. Semua hal itu kita dapatkan secara gratis.. tis…tiss.. TANPA ADA PUNGUTAN BIAYA. Manusia itu memang aneh, anehnya di mana? Sewaktu ada yang gratis, tidak dihiraukan, namun sebaliknya jika sudah tidak ada yang gratis maka akan dicari-cari. Terkadang kita luput dari pemberian rezeki Allah itu. Kita terus berpikir bahwa rezeki itu dalam bentuk uang, kita enggak sadar kalau waktu tidur juga rezeki. Bentuk syukur bukan hanya dalam bentuk perkataan “Alhamdulillah”, namun bisa juga dalam bentuk penjagaan atas waktu tidur tersebut agar tubuh kita tetap sehat. 

 

Sebegitu sayangnya Allah kepada kita, tapi kita acuhkan begitu saja. Mungkin terkesan sok bijak, tapi inilah kenyataan bahwa organ tubuh kita perlu me time. Pola tidur yang terjaga juga sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan kita sehari-hari. Salah satunya terjaga akan berdampak baik pada mood setelah bangun tidur. 

 

Btw, makasih banyak udah baca sampai akhir, semoga dapat bermanfaat dan memberi motivasi bagi yang membacanya. Jangan lupa komen dan share ke teman, keluarga, atau orang-orang terkasih kalian untuk membacanya yaa. 

 

Oh ya, mungkin bagi kalian yang baru singgah di blog ini jangan lupa untuk subscribe dan baca artikel lainnya, seperti "2 hal ini bisa membuang overthinking kamu", "Apa itu privasi?", "Belajar dari masa lalu", dan masih banyak lagi, yuk kepoin artikel lainnya.      



"Jagalah pola tidur sebelum menyesal"  
- Mulfiya -

 

 

One thought on “TIDUR KARENA NGANTUK

  1. Wahh bacaan kali ini sangat bermanfaat nih buat anak anak muda saat ini apalagi yang sedang menuntut ilmu pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *